Senin, 28 Juli 2014

Musik dan Lagu Dayak

      Ketika berbicara tentang lagu dayak, yang pertama kali terlintas dalam pikiran adalah lagu yang diiringi instrumen musik daerah dan tarian dayak. Hal ini sepertinya sudah menjadi satu kesatuan yang klasik. Setiap kali kita perhatikan video klip lagu dayak, sebagian besar memiliki unsur-unsur tersebut. Komposisi ini menegaskan bahwa tarian dan alat musik tradisional harus ada dalam lagu dayak dan ini menjadi ciri khas lagu dayak walaupun dominan atau tidak dalam komposisi lagu.
         Kembali ke tema tentang musik dan lagu dayak, di Kalimantan Barat khususnya kab. Ketapang, lagu dayak Kanayatn cukup populer, walaupun bahasa dayak Kanayatn berasal dari kab. Landak, lagu-lagu Kanayatn mudah diterima oleh masyarakat setempat. Hal ini tidak terlepas dari tema yang diusung, dan aransemen lagu yang enak untuk didengarkan.
        Dayak Krio merupakan sub suku dayak di daerah kab. Ketapang yang juga memiliki lagu daerah setempat dan tentunya menggunakan bahasa dayak Krio. Namun kalau dibandingkan dengan lagu dayak Kanayatn, lagu dayak Krio kurang dalam hal kuantitas, padahal banyak potensi yang tersimpan di daerah untuk diangkat atau dijadikan tema lagu. Mungkin salah satu penyebabnya adalah belum adanya fasilitas penunjang yang mampu untuk membantu musisi dayak Krio untuk menciptakan karyanya. 
      Tema seperti tentang alam sekitar, hubungan dengan Tuhan Yang Maha Kuasa, adat istiadat setempat, tentang kehidupan manusia, tentang cinta terhadap sesama merupakan tema yang menarik dan mudah diterima oleh masyarakat. Salah satu lagu dayak Krio yang berjudul "Pupu' Tagua" merupakan lagu dengan tema alam sekitar. Lagu ini menceritakan tentang tempat yang bernama Pupu' Tagua yang menurut catatan sejarah adalah kerajaan Dayak pada zaman dahulu. Daerah yang masih asri, ditambah dengan kontur alam yang menarik serta satwa yang masih banyak menjadikan daerah ini menjadi tempat yang sangat indah. 
     Semoga ini bisa menjadi inspirasi untuk para musisi dayak Krio untuk tetap berkarya menciptakan lagu-lagu dayak Krio yang berkualitas, secara komposisi mulai dari aransemen instrumen serta pemilihan penyanyi yang menguasai tehnik menyanyi dan menguasai materi lagu, agar tercipta lagu yang indah untuk didengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar